KOSMETIK BERBAHAYA Bernilai Ratusan Triliun Diam-Diam Beredar di Indonesia


Kosmetik berbahaya/Kabar24/Rahmayulis Saleh          
JAKARTA — Perjanjian kerjasama dagang selain memberi manfaat, ternyata juga merugikan pasar di Indonesia.
Pasca disepakatinya perjanjian kerjasama perdagangan  bebas dengan China, misalnya, berbagai kosmetik berbahaya masuk ke Indonesia secara ilegal.
Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia, PPAKI, memperkirakan nilai peredaran kosmetik ilegal dan berbahaya di Indonesia sekitar Rp12 triliun-Rp16 triliun atau 15 hingga 20 persen dari total penjualan kosmetika di Indonesia Rp80 triliun.
Ketua PPAKI Putri K Wardani mengatakan tingginya jumlah produk ilegal itu harus diwaspadai, sebab selain merugikan negara karena penjualannya yang diluar deteksi pihak perpajakan, juga sangat berbahaya bagi masyarakat yang menggunakan.
“Penjualan kosmetik di Indonesia Rp80 triliun, sekitar 15-20 persen di antaranya merupaan barang palsu dan ilegal yang tidak terdaftar serta mengandung bahan-bahan berbahaya,” katanya di sela-sela seminar Salah Pilih Kosmetik dan Produk Berbahaya Berujung Celaka, Kamis (30/5).
Putri mengatakan peredaran produk kosmetik ilegal itu terus mengalami peningkatan terutama setelah Indonesia bergabung dalam China Asean Free Trade Agreement, CAFTA, pada 2010. Sejak saat itu banyak produk-produk ilegal dan berbahaya yang menembus pasar Indonesia, peningkatan per tahunnya di atas dua digit.
“Setelah CAFTA 2010, peredaran produk ilegal dan palsu ini terus bertambah, paling banyak untuk perawatan rambut dan pemutih wajah,” tuturnya.
Menurut Putri, untuk mencegah semakin maraknya produk kosmetik ilegal di Indonesia, pemerintah harus lebih ketat menyeleksi produk yang akan masuk, apalagi bakal diberlakukannya Asean Economy Community, AEC, pada 2015. (JIBI/yus/sae). hati-hati dan bijaklah anda dalam memilih kosmetik bagi kaum perempuan Indonesia.

Sumber Artikel : kabar24
Bagi yang ingin Mengcopy artikel KOSMETIK BERBAHAYA Bernilai Ratusan Triliun Diam-Diam Beredar di Indonesia jangan Lupa mencantumkan Url ini http://kumpulancaradantips.blogspot.com/2013/05/kosmetik-berbahaya-bernilai-ratusan.html sebagai Sumbernya. Jika tidak ingin mencantumkan KOSMETIK BERBAHAYA Bernilai Ratusan Triliun Diam-Diam Beredar di Indonesia sebagai sumbernya, minimal anda merubah 30 % artikelnya dengan bahasa anda. Berikan rasa Terimah kasihmu dengan meletakkan link KOSMETIK BERBAHAYA Bernilai Ratusan Triliun Diam-Diam Beredar di Indonesia sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar